Resep Ayam Bakar Spesial

0
697
views
sumber: google.co.id

Memang ayam menjadi salah satu makanan unggulan yang dapat disantap oleh segala orang. ayam juga dapat diolah dengan beragam tipe variasi olahan yang amat lezat dengan bumbu-bumbu yang amat khas. Ada yang mengolah ayam dengan sistem dikuah, digoreng, disemur dan masih banyak lainnya. Salah satu makanan yang amat disukai oleh banyak orang ialah dengan sistem dibakar. Dengan dibakar karenanya cita rasa dari ayam ini akan nampol dilidah dan membikin para penikmatnya ketagihan dengan rasa ayam ini. Untuk resep ayam bakar juga tak lah susah. Berikut sistem membuatnya.
Bahan- bahan untuk membikin kuliner ayam dengan dibakar:
– 1 ekor ayam daging dan dipotong layak selera
– 500 ml air kelapa
– 2 batang sereh yang telah dimemarkan
– 10 sdm kecap manis
– 4 cm lengkuas dan digeprek
– 1 sdm air asam jawa
– 4 lembar daun salam
– 35 gr gula merah
Bumbu yang dihaluskan :
– 5 siung bawang putih
– 12 siung bawang merah
– 6 butir kemiri
– ¼ sendok teh jinten
– 1 sendol teh ketumbar
– 4 cm kunyit
– 3 cm jahe
– ½ sendok makan garam
Metode membikin resep ayam bakar special dengan bumbu special :
1. Langkah pertama adalah menghaluskan bumbu halus yang telah disiapkan sehalus mungkin.
2. Kemudian tumis bumbu halus hal yang demikian hingga beraroma wajib.
3. Lalu masukkan sereh, lengkuas, daun salam, kedalam tumisan hal yang demikian. tunggu hingga baunya terasa harum.
4. Langkah berikutnya adalah memasukkan potongan daging ayam, asam jawa, kecap dan juga gula merah. Diaduk hingga rata. Hingga berwarna kecoklatan dan matang.
5. Kemudian tiriskan tumisan hal yang demikian dari kuahnya. Jangan membuang kuahnya sebab akan dihasilkan bumbu ayam bakar.
6. Langkah terakhir ialah dengan membakar ayam yang telah dimasak tadi dengan mengaplikasikan bara supaya rasanya mempunyai ciri tersendiri. Baluri ayam hal yang demikian dengan bumbu tadi dan dibolak-balik hingga matang.
7. Sesudah matang, menu ayam bakar siap diberi tahu dan siap disantap di meja makan keluarga anda.
Pembuatan resep ayam bakar ini memang dimasak 2 kali supaya cita rasa yang ada pada bumbunya dapat menyerap kedalam dagingnya. tak cuma itu, bumbu yang dijadikan menumis juga menjadi bumbu untuk membakar. Cita rasa yang didapat antara ditumis dengan dibakar malahan akan amat berbeda. satu hal lagi yang perlu dipandang ialah sistem membakarnya wajib dengan bara api supaya ayamnya mempunyai cita rasa yang berbeda dari yang lain. Bara api akan memberikan rasa gurih yang berbeda dari yang lainnya. Semoga berkhasiat dan selamat mencoba. 

 

Sumber: menumasakan.xyz