Sejarah Perkembangan Sandwich Panel Dari Awal Sampai Kini

0
41
views
sumber: google.co.id

Sandwich panel ialah variasi bangunan yang mempunyai lapisan berlipat untuk membuatnya lebih kuat. Segala komponen dari panel ini akan dilekatkan mengaplikasikan dingin atau panasnya sebuah tekanan. Lazimnya untuk peletakannya dibedakan layak fungsinya merupakan untuk dinding atau sebagai atap bangunan.
Sejarah Perkembangan Sandwich Panel Dari Permulaan Hingga Sekarang

  1. Permulaan timbul
    Variasi panel ini sesungguhnya telah lama munculnya tetapi pengembangannya memang berasal dari luar negeri. Sekitar tahun 1930 lalu di Amerika Serikat seorang arsitek mulai membikin panel yang unik ini. Cuma saja sebagai panel yang baru saja dirilis terang mempunyai banyak kekurangan ketika diterapkan.
    Tujuan pembuatan dari sandwich panel terbaik ini ialah untuk menggabungkan dua hal penting dalam bangunan. Dua hal hal yang demikian ialah sisi kemudahan dan keestetikaan yang lebih praktis. Berikutnya pada tahun 1950 panel ini berkembang menjadi tiga lapisan dengan bahan polyester dan kayu yang minimalis.
    Contoh tiga lapisan seperti ini rupanya memberikan sisi daya yang baik untuk bangunannya. Sehingga untuk pertama kalinya variasi panel ini dijadikan untuk pemakaian masyarakat luas. Selanjutnya pada tahun 1950 panel ini telah dapat diterapkan untuk pembuatan sebuah rumah.
    Cuma saja waktu pembuatannya masih memerlukan berbulan-bulan untuk melakukan satu panelnya. Sehingga pengembangan dan evaluasi terus dikerjakan, hingga kesudahannya pada tahun 1960 pembuatan panel ini telah kian kencang. Cuma saja masih belum banyak orang yang ketertarikan menerapkannya.
  2. Penerapan teknologi
    Belajar dari apa yang masih kurang di masa lalu kemudian material sandwich panel mulai mengalami perubahan. Tepatnya pada tahun 1970 pemakaian busa poliuretan diterapkan untuk mengisi panelnya. Cuma saja pemasangannya masih dikerjakan di luar lokasi konstruksi.
    Dari sisi waktu yang diterapkan juga belum efisien. Hingga masuk ke tahun 1980 panel ini telah mulai dapat dirakit di daerah konstruksi sehingga waktu yang diperlukan lebih kencang. Bukan cuma itu saja, risiko kerusakan yang terjadi juga cukup kecil sebab progres pengirimannya masih berbentuk masing-masing bagian.
  3. Pengerjaan pengembangan
    Tak stop di situ saja, panel ini kesudahannya berkembang mengaplikasikan listrik untuk pembuatannya. Tepatnya pada sekitar tahun 2009 pemasangan panel yang ada listriknya ini mulai diaplikasikan. Konstruksi dari panelnya memang masih mempertahankan apa yang telah ditemukan sebelumnya.
    Pengembangnya menekankan sisi kepraktisan, keawetan dan juga kemudahan untuk para penggunanya. Hingga kesudahannya untuk pertama kalinya panel ini diterapkan dalam pembangunan sekolah besar yang dinamis. Letaknya ada di Swiss dan memberikan kenyamanan cukup baik untuk orang-orang di dalamnya.
    Sesudah mengenal sejarah dari adanya sandwich panel ini terang tak ada yang lantas total. Diperlukan waktu untuk menerima suatu hal yang baik dan berguna untuk orang banyak. Kesudahannya dapat diamati dari panel yang ketika ini telah banyak diterapkan dalam bangunan-bangunan estetik untuk menambah kecantikan akhirnya.

Sumber: sanwaprefab.co.id