Tips Menjadi Pelaut Kapal Ramah Saat Bekerja

0
126
views
sumber: google.co.id

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk bisa menjadi pelaut kapal ramah. Apalagi sekiranya Anda bekerja di kapal pesiar dan harus berjumpa dengan banyak customer yang ikut serta berlayar di dalam kapal. Tentunya Anda harus menawarkan layanan yang baik dan juga ramah. Maka kiat-kiat berikut ini bisa diaplikasikan untuk menjadi pelaut yang ramah.
Kiat menjadi pelaut kapal ramah ketika bekerja

  1. Menjaga kekerabatan sosial
    Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menjaga kekerabatan sosialnya. Dalam hal ini pelaut harus peduli dengan lingkungan sekitarnya baik dengan dilema yang kecil ataupun yang besar pastinya. Jangan berbahagia mencari dilema dengan orang lain dan jaga kekerabatan tetap baik.
    Hal ini juga harus diaplikasikan pada ketika pelaut berada di atas kapalnya. Bukan cuma menjaga kekerabatan sosial dengan orang dekat ketika di darat namun pelaut yang baik juga harus menjaga kekerabatan sosialnya di atas kapal.
    Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:
    • Bersuka membantu dan tolong membantu
    Kesibukan pertama yang bisa dilakukan untuk menonjolkan keramahan pelaut kapal yaitu harus ringan tangan. Pelaut harus ingin membantu siapa saja yang membutuhkan bantuan dan sigap dalam mengerjakan tolong membantu.
    • Perhatian dengan seksama
    Kesibukan kedua yang bisa diaplikasikan yaitu memberikan perhatian pada seluruh awak kapal tanpa terkecuali.
    • Tidak sombong
    Jangan pernah menyombongkan gelar yang dimiliki dan juga jabatan pada orang lain ketika berada di atas kapal. Khusus merendahkan orang lain yang mempunyai jabatan lebih rendah.
    • Tidak berbahagia mencari dilema
    Jangan memperpanjang dilema kecil yang bisa dipecahkan menjadi kian besar. Jangan berbahagia mencari dilema dan lapangkan dada untuk bisa memaafkan dengan gampang.
    • Tidak menggerombol pada kelompok tertentu saja
    Bergaullah dengan awak kapal yang lain meskipun tak mempunyai jabatan yang sepadan. Pelaut harus kenal dengan seluruh awak kapal yang dibawanya malahan untuk jabatan terendah sekalipun.
    • Menghargai seluruh orang
    Sebagai seorang pelaut tak boleh membeda-bedakan menurut jabatannya namun harus memperhatikan seluruh orang mempunyai hak yang sama untuk berpendapat.
  2. Disiplin dalam lingkungan kerja
    Sebelum melamar lowker pelaut selain mengedepankan kekerabatan sosialnya, seseorang juga harus memperhatikan kedisiplinan yang menjadi tanggung jawabnya. Kerjakan apa yang menjadi kewajiban dan jangan terlalu mengusik orang lain dalam dilema pekerjaannya cukup fokus dengan apa yang menjadi tujuan Anda menjadi pelaut.
    Disiplin dalam lingkungan kerja juga berhubungan dengan penggunaan waktu yang ideal. Pelaut harus bisa membagi waktunya untuk tiap pekerjaan yang harus diatasinya. Pembagian waktu yang ideal ini bisa membantu seseorang untuk bisa mengerjakan seluruh hal dengan waktu yang ideal.
    Lakukan penjadwalan yang cukup baik dengan jam-jam yang telah ditentukan sebelumnya. Datanglah ideal waktu sekiranya bisa lebih awal 5 menit sebelum bertugas. Apalagi sekiranya pengguna seorang pemimpin tentunya harus bisa memberikan contoh untuk lainnya.
    Itulah beberapa hal yang berhubungan dengan pelaut kapal ramah.

Sumber: jobpelaut.com