Penting Untuk Mengetahui Sanksi Administrasi Kecelakaan Kapal

0
77
views
sumber: google.co.id

Untuk antisipasi terjadinya kecelakaan sebuah kapal karenanya pasca terjadinya akan ada penganalisisan ulang. Hal ini berkaitan dengan adanya hukuman administrasi kecelakaan kapal dan perbuatan lain yang relevan. Sehingga kejadian yang tak diharapkan tak lagi terjadi seperti halnya dengan kecelakaan pada kapal yang sama.
Penting Untuk Mengenal Hukuman Administrasi Kecelakaan Kapal
Perlu dipahami khususnya dulu persoalan atau penyebab utama yang membikin kapal mengalami kecelakaan. Apalagi saat membikin kerusakan parah atau menyebabkan korban jiwa di dalamnya. Bila penyebab utamanya yaitu kekeliruan dari pengemudi karenanya akan dikasih hukuman tingkat lanjutan.
Hukuman ini juga mempunyai sebagian jenjang pantas dengan besar tidaknya kekeliruan yang dilaksanakan oleh pihak berkaitan. Hal ini disesuaikan dengan standar yang sudah diciptakan dalam pekerjaan kepelautan. Adapun hukuman yang mungkin dikasih saat rupanya terlibat dalam penyebab kecelakaan kapal dapat diperhatikan sebagai berikut:

  1. Hukuman berupa peringatan
    Hukuman yang satu ini termasuk cukup ringan untuk penyebab sebuah kecelakaan kapal. Dalam hukuman administrasi kecelakaan kapal terkini lazimnya dikasih untuk teguran permulaan.
    Hukuman ini juga dapat dikasih apabila kecelakaan yang terjadi tak terlalu memunculkan persoalan besar. Seperti halnya tak ada kerugian harta benda, kerusakan kapal fatal hingga dengan korban jiwa di dalamnya. Tujuannya untuk memberikan efek kapok dan lebih berhati-hati dalam mengemudikan kapalnya.
  2. Hukuman diambilnya hak akta kapal berkaitan
    Saat kekeliruan yang dilaksanakan termasuk cukup berat, karenanya sebelum melamar lowker pelaut perlu memahami hukuman yang kedua ini. Dicabutnya atau diberhentikannya masa berlaku akta pengemudi kapal ini juga mempunyai bentang waktu tertentu. Lazimnya dibagi menjadi 3 kategori biasa pantas dengan fatalnya kekeliruan. Adapun pembagian dapat diperhatikan sebagai berikut:
  • Klasifikasi hukuman berat
    Hukuman yang dikasih ini untuk kejadian yang menyebabkan korban jiwa atau adanya karam kapal. Hukuman untuk kejadian ini termasuk cukup berat sebab dicabutnya akta sementara dapat menempuh 24 bulanan. Sementara untuk yang paling sejenak malah sekitar 13 bulanan atau sekitar 1 tahunan lebih.
  • Klasifikasi hukuman sedang
    Hukuman yang ini dikasih saat kecelakaan kapal yang terjadi mengakibatkan kerugian harta benda dan korban jiwa. Karenanya cara pencabutan izin akta sekitar 12 bulanan untuk optimal. Sementara yang paling sejenak sekitar 7 bulanan.
  • Klasifikasi hukuman ringan
    Hukuman ini dikasih saat menyebabkan korban jiwa tapi tak ada faktor kerugian kapal dan harta benda. Karenanya hukuman pencabutan akta yang dikasih sekitar 6 bulan untuk yang terlama. Sementara untuk yang paling ringan yaitu 1 bulanan saja.
    Dengan adanya hukuman administrasi kecelakaan kapal tentunya menjadi peringatan supaya kejadian serupa tak terulang lagi. Kecuali itu diinginkan pelaut menjadi lebih hati-hati dan disiplin dalam menjalankan pekerjaannya. Sehingga dapat mengoperasikan kapal dengan teliti dan mengecek seluruh keadaan mesin sebelum meluncur.

Sumber: jobpelaut.com