5 Macam Tugas Nakhoda Kapal Dari Berbagai Sisi

0
17
views
sumber: google.co.id

Salah satu variasi profesi yang ada di kapal ialah nakhoda kapal. Nakhoda kapal atau yang banyak dengan kapten kapal. Cocok dengan namanya, karenanya seorang nakhoda inilah yang akan memimpin kapal. Mulai dari arah pelayaran sampai segala yang terjadi di atas kapal ialah tanggung jawabnya. Oleh sebab itu, menjadi seorang nakhoda kapal bukanlah hal yang gampang.
Nakhoda kapal kecuali tak gampang, juga mempunyai tanggung jawab yang besar. Pun tanggung jawab dari seorang nakhoda juga dapat diperhatikan dari berjenis-jenis sisi. Berikut ialah sebagian tugas dari seorang nakhoda kapal.
Tugas nakhoda dari berjenis-jenis sisi

  1. Tugas secara awam
    Seorang nakhoda mempunyai tugas untuk membawa kapal berlayar dari satu pelabuhan ke pelabuhan yang lainnya. Tugas hal yang demikian juga terkait dengan tanggung jawab semua isi kapal supaya konsisten selamat.
    Dalam hal ini nakhoda mempunyai tanggung jawab untuk menjaga keselamatan pekerjanya. Seumpama jikalau terjadi kecelakaan pada awak kapal meski nakhoda tak memandangnya konsisten akan menjadi tanggung jawabnya.
    Kecuali itu nakhoda kapal juga mesti mematuhi instruksi atau aturan yang telah diatur pengusaha kapal selama masih cocok undang-undang. Umumnya jikalau Anda berkeinginan menjadi nakhoda via lowker pelaut, jarang dibeberkan tugas dan tanggung jawabnya. Melainkan kebanyakan orang yang berkeinginan menjadi nakhoda setidaknya telah paham mengenai hal ini.
  2. Tugas sebagai pegawai catatan sipil
    Nakhoda terbukti juga mempunyai tugas jikalau diperhatikan dari pegawai catatan sipil. Nakhoda akan bertanggung jawab atau memiliki wewenang sebagai pegawai catatan sipil dikala terjadi hal di atas kapal.
    Seumpama kematian atau kelahiran. Dalam hal ini nakhoda akan membikin kabar acara. Nantinya nakhoda akan menyerahkan kabar acara hal yang demikian pada Kantor Catatan Sipil.
  3. Tugas sebagai penegak regulasi
    Seorang nakhoda terbukti juga mempunyai tugas untuk menjadi penegak regulasi. Tanggung jawab hal yang demikian dikerjakan dikala ada perbuatan atau kejadian di atas kapal. Seorang nakhoda mempunyai hak untuk berbuat selaku jaksa atau polisi. Sebagian perbuatan hal yang demikian seperti membendung tersangka, membikin kabar acara, menyerahkan tersangka dan mengumpulkan bukti.
  4. Tugas sebagai pemimpin kapal
    Tugas nakhoda kapal yang berikutnya ialah memimpin kapal. Baik ini telah terang sebab nakhoda ialah jabatan yang paling tinggi di atas kapal. Nakhoda akan bertanggung jawab untuk membawa kapal dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya dengan aman. Kenal menjaga keamanan awak kapal dan juga barang yang ada di dalamnya.
  5. Tugas sebagai pemegang kewibawaan awam
    Dalam hal ini ditujukan bahwa tiap orang yang ada di atas kapal mesti tunduk dan taat pada instruksi nakhoda. Jadi dikala ada yang membantah juga akan dianggap sebagai pelanggaran regulasi.
    Tugas nakhoda memang cukup berat dan banyak hal ini cocok dengan bobot jabatan yang dibawanya. khususnya dulu sebelum Anda benar-benar melamar profesi atau berguru dengan tujuan menjadi nakhoda kapal.

Sumber: jobpelaut.com