Ini Dia Area Properti Favorit Pilihan Masyarakat!

0
18
views
ini Dia Area Properti Favorit Pilihan Masyarakat

Jakarta – Menurut data yang sudah dikumpulkan oleh salah satu situs properti di Indonesia, Rumah.com diketahui bahwa area properti yang paling menjadi favorit masyarakat Indonesia masih dipegang oleh DKI Jakarta dan Jawa Barat. Untuk apartemen, lokasi favorit pertama masih diraih oleh ibu kota Jakarta yang kemudian disusul oleh Jawa Barat serta Banten. Sementara itu, untuk kategori rumah rupanya Jawa Barat masih lebih difavoritkan dibandingkan Jakarta. Di Jawa Barat sendiri banyak hunian misalnya berupa perumahan di Bekasi dan daerah sekitarnya.

Yang menjadi faktor masyarakat lebih tertarik membeli hunian dalam bentuk rumah tapak ketimbang apartemen di lokasi Jawa Barat adalah persoalan harga. Memang harga perumahan di ibu kota sudah sangat tinggi sehingga banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk membeli rumah yang berada di sekitar pinggiran kota contohnya perumahan murah di Depok, Bogor, Bekasi, dan sebagainya yang notabene masuk ke dalam wilayah Jawa Barat.

Lalu selain DKI Jakarta dan Jawa Barat, Banten juga menjadi lokasi favorit incaran masyarakat yang mencari tempat tinggal maupun investasi. Yang termasuk area provinsi Banten yaitu perumahan di Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang. Tidak tanggung-tanggung, di lokasi tersebut banyak sekali ditawarkan berbagai macam hunian rumah mulai dari harga Rp 300 juta rupiah. Tidak mengherankan kalau banyak masyarakat yang lebih memilih mencari rumah di sana.

Perumahan di Tangerang tumbuh dengan pesat

Rumah di kawasan Tangerang memang mengalami pertumbuhan yang begitu pesat jika dibandingkan dengan kuartal di tahun sebelumnya. Hal tersebut juga bisa dilihat dari data indeks properti yang dirilis Rumah.com.

Kenaikan rumah dengan dua kamar tidur mengalami kenaikan harga properti bahkan sampai 2x lipat jika dibandingkan tahun lalu. Padahal pasar properti di tahun 2016 tepatnya sekitaran bulan Oktober hingga akhir tahun mengalami kelambatan.

Median harga tertinggi di tahun ini masih dipegang oleh Tangerang Selatan dimana harga rumah per meter perseginya rata-rata mencapai Rp11.320.000. Sementara itu untuk wilayah kota dan Kabupaten Tangerang sendiri, jauh lebih murah yaitu Rp 9.330.000/m2.

Namun, meski Jawa Barat menunjukkan bahwa area ini menjadi favorit pilihan masyarakat ditambah lagi banyak suplai properti yang tersedia serta dibangun. Tapi menurut data indeks properti, perumahan di tempat itu justru mengalami penurunan harga hingga 4 persen. Malahan DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Tengah mengalami pertumbuhan yang relatif stabil.

Kemudian di kuartal keempat tahun lalu yaitu 2017, suplai properti mengalami kenaikan yang menjadi indikasi bahwa kemungkinan para penjual properti di tanah air misalnya termasuk Sinar Mas Land sebagai perusahaan pengembang properti BSD City dan wilayah lainnya optimis dengan situasi pasar pada kuartal tersebut.