5 Fakta Bangunan Modular yang Mungkin Belum Anda Tahu

0
93
views
sumber: google.co.id

Wacana dan berita mengenai bangunan modular banyak berkembang di kalangan masyarakat. Namun masih sedikit orang yang memahami konsep utama dari pembuatan bangunan tersebut. Meskipun berita yang ditawarkan betul-betul menarik dan mudah dicerna oleh masyarakat lazim.

Fakta bangunan modular

1.            Perbedaan rumah modular vs pengepakan datar

Tahukah Anda apa bedanya rumah modular dengan konsep pengepakan datar? Keduanya yakni bangunan prefabrikasi yang dipopulerkan di dunia termasuk Indonesia.

Pada dasarnya, bagus rumah modular dan pengepakan datar, masing-masing memerlukan waktu singkat untuk finishing-nya. Bedanya berlokasi pada mekanisme pembangunannya saja.

Bila pengepakan datar mengharuskan Anda untuk memasang atau merakit secara manual rumah prefab di lokasi pembangunan. Maka rumah modular yakni bangunan siap gunakan.

Mengapa? Progres pembangunan rumah modular berlangsung di pabrikan hampir dalam bentuk rumah komplit. Rumah modular yang sudah siap konstruksi nantinya akan dikirimkan oleh pabrik ke lokasi pembangunan untuk disempurnakan.

2.            Pembangunan kencang

Bangunan modular prefab selesai jauh lebih kencang dari bangunan konvensional. Bila Anda memerlukan waktu 90 hari untuk menyelesaikan rumah prefab. Artinya rumah manual selesai 180 hari atau 2x lipatnya.

Keadaan ini disebabkan karena mekanisme pembangunan rumah modular yang mengusung konsep pabrikan. Pembuatan dinding atau atap rumah seumpama. Kedua struktur rumah tersebut tak diwujudkan manual oleh energi kerja lapangan. Namun diselesaikan oleh mesin di manufaktur.

3.            Bukan ide baru

Bila Anda berpikir rumah prefab yakni rumah yang baru menetas karenanya anggapan tersebut 100% keliru. Faktanya, eksistensi rumah ini sudah ada sejak tahun 1908 silam. Dahulu Sears mengirimkan material bangunan menggunakan kereta api dan kemudian energi kerja di lapangan mengonstruksi gedung bangunannya.

Model rumah prefab yang ada saat ini tentu jauh lebih bagus dan modern dari sebelumnya. Mengingat perkembangan teknologi mesin bahkan terus maju.

4.            Modifikasi Gampang

Bangunan modular instan sering kali kali disalah pahami banyak orang sebagai gedung kaku dengan desain minimalis. Meskipun sama seperti rumah manual, rumah modular juga bisa dimodifikasi dengan betul-betul mudah.

Anda bisa membangun rumah prefab minimalis, gaya klasik, modern bahkan retro cukup sesuaikan saja dengan selera. Sementara, mesin pabriklah yang akan bekerja merangkai potongan struktural bangunan.

5.            Murah dan ramah lingkungan

Saat ditawarkan rumah modular oleh jasa konstruksi observasi sebaik mungkin kisaran harganya. Rumah prefab dijual lebih murah daripada rumah pada umumnya. Jangan sampai Anda tertipu segera membeli rumah prefab dengan harga yang sama seperti rumah manual.

Selain harganya yang murah, rumah prefab juga ramah lingkungan. Saat jasa konstruksi membangun rumah prefab, Anda tak akan menemukan polusi atau limbah pembangunan.

Memahami fakta-fakta menarik mengenai rumah modular yakni hal harus terutamanya seandainya Anda beratensi membangun gedungnya dalam waktu dekat. Model rumah ini memang betul-betul istimewa dan unik dari rumah manual. Bangunan modular yang jauh lebih minimalis dan trendi sesuai untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

Sumber: sanwaprefab.co.id