Apa Saja yang Dilakukan Saat Medical Checkup Pelaut?

0
51
views
sumber: google.co.id

Medical checkup pelaut atau juga dapat dibilang dengan MCU adalah pemeriksaan kesehatan yang seharusnya dilaksanakan oleh para pelaut. Medical check up ini adalah percobaan kesehatan yang harus dilaksanakan oleh para calon ABK sebelum naik ke kapal. Para pelaut yang mau mengerjakan medical checkup ini dapat datang ke rumah sakit atau klinik yang telah ditunjuk.

Prasyarat untuk menjadi seorang pelaut

Akan namun sebelum dapat menjadi seorang pelaut, yang dibutuhkan tak cuma medical checkup saja. Seorang pelaut perlu memenuhi sebagian syarat yang seharusnya dilaksanakan seperti:

1.            Kompetensi atau keahlian

Keahlian ini berupa ijazah dan endorse yang valid atau juga umum disebut akta keahlian. Akta ini seharusnya memenuhi kualifikasi yang telah diatur oleh perusahaan. Akta keahlian ini seperti keahlian dalam bidang yang berkaitan dengan kapal umpamanya mesin.

2.            Keterampilan atau profisiensi

Hampir sama dengan ijazah kompetensi, akta keterampilan yang dimiliki pelaut juga seharusnya memenuhi kualifikasi yang telah diatur oleh perusahaan dan juga valid. Valid dalam hal ini berarti masih dapat diaplikasikan atau masih berlaku.

3.            Travel document

Seorang pelaut dapat saja diwajibkan berlayar ke pulau yang berbeda malah sampai ke luar negeri. Oleh sebab itu seorang pelayar seharusnya mempunyai buku pelaut, dokumen berlayar sampai paspor yang masih berlaku.

4.            Medical checkup

Seorang pelaut ketika mengerjakan tugas berlayar seharusnya dalam kondisi yang sehat. Oleh sebab itu penting untuk dilaksanakan percobaan medis pelaut untuk mengenal apakah lulus dalam percobaan kesehatan.

Apa saja yang dilaksanakan ketika pemeriksaan medical checkup pelaut?

Pemeriksaan yang umum dilaksanakan oleh pelaut ketika mengerjakan MCU lazimnya mencakup pemeriksaan lab dan juga pemeriksaan lahiriah. Pemeriksaan lab umum seperti percobaan air seni komplit, percobaan darah, gula darah, VDRL, ureum, creatinine, cholesterol, asam urat, SGOT, EKG dan HbsAg.

Walaupun untuk pemeriksaan lahiriah lazimnya seperti periksa buta warna, pemeriksaan THT, ketajaman penglihatan, periksa gigi, periksa pendengaran atau dapat juga disebut audio test.

•             Test buta warna: percobaan buta warna adalah percobaan yang lazimnya dilaksanakan pertama kali ketika mengerjakan MCU. Kalau Anda gagal dalam percobaan ini karenanya percobaan berikutnya tak akan dilanjutkan. Tapi bila Anda lulus karenanya rangkaian percobaan yang berikutnya dapat Anda lanjutkan.

•             Berikutnya yakni percobaan untuk pemeriksaan darah secara komplit. Percobaan darah ini lazimnya dilaksanakan selama 2 kali adalah ketika puasa dan juga selesai puasa. Sampel darah lazimnya diambil dua kali. Dalam situasi puasa dan dua jam pasca puasa.

Tujuan dari percobaan darah ini yakni untuk mengenal situasi kesehatan pelaut secara komplit dan menyeluruh. Kalau dalam hasil dari percobaan darah hal yang demikian terdapat sebagian penyakit yang cukup membahayakan karenanya akan dikasih obat terutama dulu sampai stabil. Kemudian akan dilaksanakan percobaan ulang.

 yakni tulisan mengenai medical checkup pelaut yang lazimnya berkhasiat untuk para pelaut ketika mencari lowker pelaut.

Sumber: jobpelaut.com