Mengenal Taman Nasional Lorentz yang Dipatenkan UNESCO

0
23
views
sumber: google.co.id

Taman Nasional Lorentz adalah wilayah taman nasional terluas yang ada di Asia Tenggara yang dipatenkan oleh UNESCO. Taman ini berlokasi di Papua dan berdiri semenjak tahun 1997. Wilayah ini hampir menampung segala ragam ekosistem alam seperti pesisir, laut, air tawar, pegunungan rendah, tinggi dan banyak ekosistem lainnya. Taman ini menjadi salah satu destinasi pariwisata yang menjanjikan bagi masyarakat Papua.
Hal – hal yang perlu dikenal dari Taman Nasional Lorentz

  1. Daerah tinggal bermacam ragam suku
    Papua memang kaya akan bermacam-macam-ragam suku yang tinggal secara rukun di dalamnya. Wilayah Taman Nasional ini adalah daerah tinggal sebagian golongan suku seperti Suku Nduga, Amungme, Dani, Asmad, dan Sempan. Lokasinya yang berada di puncak Jaya Wijaya membikin penduduk sekitar benar-benar gampang untuk mencari kekayaan alam demi mencukupi keperluan hidupnya. Panorama dan udara sekitarnya juga masih benar-benar natural dan jauh dari polusi.
  2. Daerah tinggal berjenis-jenis ragam satwa dan tumbuhan
    Tempatnya yang masih natural membikin banyak pula satwa dan tumbuhan yang tumbuh secara subuh di wilayah ini. Terhitung sebanyak ribuan ragam tumbuhan bunga, tiga ratusan binatang mamalia seperti spesies kangguru pohon yang langka, empat ratus ragam burung, dan sisanya ialah amfibi dan reptil. Taman ini adalah daerah tinggal Burung Endemik atau yang lebih diketahui dengan Endemic Bird Zona (EBA).
    Taman Nasional ini berisikan Burung Kasuari sebagai simbol utamanya serta sebagian burung lain sebagai jawaban atas satwa apa yang ada di Taman Nasional Lorentz. Apabila dijabarkan lebih detail karenanya ragam burung lain yang tinggal di dalamnya ialah kakaktua, merpati, madu, cenderawasih dengan ekor panjang yang menjadi ciri khasnya dan puyuh salju. Masing-masing dari ragam ini berjumlah sebanyak kurang lebih tiga puluh ekor per jenisnya.
    Masuk menuju destinasi
    Masuk menuju Taman Nasional Lorentz ini kongkretnya masih benar-benar sulit dijangkau sebab keadaannya yang masih benar-benar natural dan belum adanya perubahan yang banyak termasuk pada jalan masuk masuknya. Jalanan utama yang dapat dipilih ialah via Timika. Berkendara menerapkan pesawat perintis menuju Panilia. Kemudian patut mencapai perjalanan laut menuju pelabuhan Sawa Erma dan berjalan lumayan jauh untuk menuju ke lokasi.
    Tapi apabila diawali dari Kota dapat dicapai dengan kendaraan bermobil hingga Danau kemudian berjalan kaki ke Puncak Trikora. Bertamasya ke Taman Nasional Lorentz Habema kemudian memarkirkan kendaraan Anda dan melanjutkan perjalanan menuju lokasi dengan berjalan kaki.
    Yang perlu diamati dalam melaksanakan perjalanan menuju destinasi ini patut dalam kondisi yang sehat dan jasmaniah yang kuat. Hal ini dikarenakan medan jalannya yang licin, pegunungan serta cuaca yang susah untuk diprediksi.
    Itulah hal-hal yang dapat dikenal dari Taman Nasional Lorentz. Dimana taman ini adalah taman yang perlu dijaga kelestariannya sebab sebagai daerah tinggal ribuan binatang dan tumbuhan di dalamnya.

Sumber: hariliburnasional.com