Hari Libur Juli 2021

0
54
views
sumber: google.co.id

Apa yang istimewa dari Juli 2021? Adakah hari libur Juli 2021? Tentu saja ada, bulan Juli 2021 malahan menjadi bulan penting bagi umat Islam Indonesia sebab merayakan Idul Adha. Kapan tepatnya perayaan Idul Adha 2021? Silakan observasi pemaparan simpel di bawah ini.
Daftar hari libur Juli 2021
• 1 Juli (Hari Buah)
International Fruit Day jatuh tiap hari pertama bulan Juli setiap tahunnya. Menariknya, Hari Buah ini diperingatkan pertama kalinya di Jerman 13 tahun yang lalu. Tujuan diselenggarakannya Hari Buah untuk meningkatkan rasa cinta dan perhatian masyarakat global kepada buah-buahan lebih-lebih buah lokal.
Program yang dicanangkan tiap tahunnya pada Hari Buah sungguh-sungguh unik ialah Fruit of the Year. Di mana, satu buah dipilih secara acak untuk diciptakan sebagai buah terpilih. Seperti quince, buah eksotis Turki yang terpilih pada 2017 silam.
• 2 Juli (Hari Kelautan Nasional)
Sesudah memperingati Hari Buah, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kelautan Nasional. Apa tujuan peringatan Hari Kelautan Nasional? Apa termasuk hari libur nasional? Berbeda dengan Hari Buruh atau Hari Idul Fitri, Hari Kelautan Nasional bukanlah hari libur.
Hari ini sengaja diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan ekosistem laut dangkal atau dalam di tanah air. Bagaimana caranya? Cukup dengan tak buang sampah pada lautan atau menangkap ikan dengan metode yang benar.
• 09 Juli (Hari Satelit Palapa)
Bicara perihal hari libur 2021, apa saja hari libur yang telah Anda hafal di luar kepala? Tentunya tak termasuk Hari Satelit Palapa sebab peringatan ini tak masuk dalam komponen tanggal merah nasional.
Hari Satelit Palapa menjadi saksi sejarah peluncuran pertama satelit dari Indonesia. Satelit perdana hal yang demikian meluncur tahun 1976 silam, artinya Hari Satelit Palapa sudah diperingati selama 44 tahun.
• 20 Juli (Idul Adha)
Berbeda dengan Idul Fitri yang menerima alokasi libur panjang 2021. Libur Idul Adha cuma berlangsung selama satu hari tepatnya pada hari Selasa. Seandainya Idul Fitri adalah perayaan pasca berpuasa Ramadhon selama satu bulan penuh.
Karenanya Idul Adha adalah hari kurban yang diselenggarakan oleh segala umat muslim di dunia. Di mana, muslim yang cakap disarankan untuk mengerjakan kurban kambing, domba atau sapi untuk disembelih. Kemudian daging kurban dibagikan pada fakir miskin dan orang yang memerlukan.
• 27 Juli (Hari Sungai Nasional)
Hari Sungai Nasional diatur pertama kali pada 2011 menurut pada Perpu, sayangnya tak termasuk libur kalender 2021. Dengan adanya Hari Sungai Nasional, pemerintah ingin masyarakat lebih perhatian dan peduli kepada kelestarian dan kebersihan sungai.
Sebab bagaimana bahkan juga, sungai adalah sumber mata air yang banyak dimanfaatkan. Entah untuk masyarakat lazim ataupun pemerintahan sebagai obyek tamasya ataupun SDA.
Masih penasaran dengan hari libur? Semoga isu di atas dapat menolong Anda mengenal mana peringatan yang termasuk hari libur nasional dan tak.

Sumber: hariliburnasional.com