Hari Libur Februari 2020

0
206
views
sumber: google.co.id

Hari libur Februari 2020 menjadi tanggalan merah yang ditunggu-tunggu banyak orang terutama sebab ada tanggal 14 Februari yang betul-betul identik dengan Hari Kasih Sayang Sedunia. Kecuali hari istimewa tersebut, kita juga akan merayakan hari penting lainnya termasuk Hari Pers Nasional yang diperingati setiap 9 Februari.
Daftar Hari Libur Februari 2020
Sayangnya kita kurang beruntung sebab pemerintah Indonesia tak menentukan 9 Februari maupun 14 Februari sebagai tanggal merah nasional. Sehingga di tanggalan istimewa tersebut Anda tak akan menerima jadwal libur kerja atau sekolah. Berikut ini hari-hari penting yang terjadi di Februari:
• 9 Februari (Hari Pers Nasional)
Hari ini bukan hanya menjadi Hari Pers Nasional namun turut menjadi Hari Ulang Tahun PWI. Menariknya meski menjadi hari istimewa bagi awak pers, perayaan Hari Pers Nasional turut dimeriahkan oleh pemerintah daerah, masyarakat dan tentunya elemen pers.
• 9 Februari (Hari Kavaleri)
Pernah mendengar perihal Kavaleri? Kavaleri jikalau diartikan secara harfiah adalah kuda. Tapi di Indonesia, Kavaleri diketahui sebagai satuan unit militer yang menunggang kuda. Peran Kavaleri betul-betul penting terutama dikala zaman penyusunan Koloni Belanda. Hari libur 2020 ini menjadi ajang yang betul-betul penting terutama mereka yang bertugas untuk negara dengan mengendarai kuda.
• 14 Februari ( Hari Kasih Sayang Sedunia)
Hari Valentine awalnya bukan peringatan yang penting di Indonesia, namun kian ke sini Valentine’s Day menjadi momen penting terutama bagi para kekasih. Di Hari Valentine, setiap pasang kekasih akan mengungkapkan cintanya dengan memberikan bunga atau cokelat. Perayaan Hari Valentine di setiap negara biasanya berbeda-beda. Sebab alasan ini pula rasanya kurang ideal menciptakan 14 Februari sebagai hari libur nasional untuk perayaan kasih sayang.
• 14 Februari (Hari Peringatan PETA)
Kecuali diketahui sebagai Hari Valentine, 14 Februari juga menjadi hari peringatan untuk Pembela Tanah Air. Tanggal itu dipilih sebagai Hari Peringatan PETA untuk mengenang momen pemberontakan yang dijalankan prajurit Indonesia terhadap penjajahan Jepang.
• 20 Februari (Hari Pekerja Indonesia)
Hari Buruh yang Anda kenal mungkin berlangsung pada 1 Mei namun di Indonesia ada juga yang diketahui sebagai Hari Pekerja Indonesia yang jatuhnya setiap 20 Februari. Ini menyesuaikan dengan deklarasi Serikat Pekerja yang ingin menyusun Federasi, tepatnya terjadi 20 Februari 1973. Sayangnya, masih jarang ada orang yang mengenal hari libur panjang 2020 ini.
• 22 Februari (Hari Istiqlal)
Kalau bicara perihal masa lalu, 22 Februari 1978 adalah tanggal yang dipilih oleh Presiden Soeharto untuk meresmikan Masjid Istiqlal. Untuk mengenang momen tersebut, masyarakat memilih tanggal yang sama untuk merayakan Hari Istiqlal. Sampai dikala ini Masjid Istiqlal masih menjadi masjid terbesar se-ASEAN.
• 24 Februari( Hari Lahir Ikatan Pelajar NU)
Kongres LP Ma’bijak Nahdatul Ulama yang diselenggarakan 24 Februari 1945 menciptakan sebuah keputusan penting adalah hari lahirnya Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama. Sampai sekarang setiap tanggal yang sama di setiap tahunnya, anggota IPNU senantiasa merayakan hari tersebut sebagai momentum spesial meski bukan termasuk hari libur kalender 2020.
Dan itulah daftar hari libur Februari 2020 yang sayangnya masih jarang diketahui masyarakat Indonesia. Masyarakat biasanya hanya mengamati tanggalan merah yang nampak di kalender saja.

Sumber: hariliburnasional.com