Terapkan Ini Agar Solar Water Heater Bisa Awet

0
88
views
sumber: google.co.id

Merawat solar water heater memang mudah-mudah susah. Perlu dilakukan secara rutin dan juga hati-hati karena dapat memberi pengaruh daya kerja dari pemanas air hal yang demikian. Pemanas air energi surya perlu dilakukan perawatan secara rutin agar dapat tetap berprofesi dengan optimal. Perawatan hal yang demikian tak perlu Anda lakukan tiap hari karena Anda dapat melaksanakannya beberapa bulan sekali.
Asalkan memang secara rutin dilakukan. Kecuali itu melakukan perawatan hal yang demikian juga wajib hati-hati agar Anda tak merusak komponennya. Berikut yakni beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam merawat pemanas air energi surya dengan benar.
Demikian cara merawat solar water heater agar awet

  1. Membersihkan sambungannya
    Pertama yang dapat Anda lakukan yakni membersihkan sambungan atau pipa dari pemanas air hal yang demikian. Dalam pemasangan unit pemanas air energi sang surya ada dua ragam pipa yang digunakan, yakni pipa air panas dan pipa untuk air dingin.
    Kedua ragam pipa hal yang demikian sebaiknya dilakukan perawatan dan juga pengecekan dengan rutin. Tujuannya untuk mengamati apakah terjadi kerusakan, kebocoran hingga pipa yang tersumbat dengan kotoran. Seandainya memang dibutuhkan Anda juga dapat mengganti pipa hal yang demikian dengan yang baru.
  2. Mengganti magnesium anoda
    Selanjutnya yakni dengan mengganti magnesium anoda yang ada pada pemanas air energi sang surya. Magnesium anoda bermanfaat untuk menolong menghilangkan kotoran yang mungkin saja ada pada udara pemanas.
    Lazimnya magnesium anoda ini digunakan pada bagian boiler evaporator, air boiler dn juga heat exchanger. Magnesium anoda ini juga bermanfaat untuk menolong melembutkan air dann juga membuat pemanas air energi sang surya Anda dapat lebih awet. Akan tapi magnesium anoda ini tak dapat digunakan selamanya. Jadi Anda wajib tetap menggantinya selama rentang waktu 2 tahun sekali.
  3. Menjalankan perawatan dengan rutin
    Menjalankan perawatan dengan rutin pada pemanas air energi surya juga sangatlah dibutuhkan. Minimal perawatan hal yang demikian dapat Anda lakukan satu tahun sekali. Anda juga dapat memakai bantuan dari jasa service untuk melakukan perawatan.
    Perawatan hal yang demikian dilakukan telah pasti agar pemanas air Anda dapat tetap berprofesi dengan bagus. Kecuali itu melakukan perawatan juga penting mengurangi risiko bagian pada pemanas air energi surya yang mungkin saja dapat rusak karena tak dibersihkan dengan bagus.
  4. Memastikan air yang digunakan yakni air bersih
    Air yang digunakan pada pemanas air energi surya harusnya yakni air bersih. Terutama ini karena air yang kotor seperti keruh, bau, mempunyai mengandung kerikil hingga kapur seandainya digunakan secara terus menerus akan membuat bagian solar water heater menjadi rusak.
    Akibatnya pada bagian tangki dan juga pipa yang dapat memunculkan endapan. pemanas air hal yang demikian tak dapat berprofesi dengan optimal karena adanya endapan yang menyumbat hal yang demikian.
    Semoga dengan memakai cara-cara di atas, water heater Anda dapat tetap awet dan tak mudah rusak.

Sumber: intisolarsurabaya.com