Mengenal Lapisan Enamel Pemanas Air Tenaga Matahari

0
17
views
sumber: google.co.id

Sekiranya Anda baru saja membeli pemanas air energi sang surya mungkin Anda tak mengenal mengenai lapisan enamel. Lapisan enamel ini terdapat pada tangki water heater energi sang surya. Berikut ialah sebagian penjelasan mengenai enamel yang ada pada water heater energi sang surya.
Seputar lapisan enamel pada pemanas air energi sang surya
Lapisan enamel juga lebih sering kali disebut dengan lapisan dekoratif atau pelindung pada keramik, logam atau gelas. Kerja pembuatannya dilaksanakan dengan metode meleburkan campuran bahan anorganik pada temperatur yang cukup tinggi.
Enamel ini diaplikasikan pada permulaan abad 13 SM dimana pertama kali ditemukan dikala ada cincin emas yang dihiasi lapisan berwarna enamel. Semenjak dikala itu enamel mulai disadur dan banyak diaplikasikan. Salah satunya juga diaplikasikan dalam beragam ragam alat rumah tangga.
Enamel mempunyai sebagian ragam adalah:

  1. Enamel porselen
    Enamel porselen atau vitreous dan enamel yang dicat. Enamel yang dicat yakni ragam enamel dengan wujud yang simpel. Umumnya dalam wujud cat pelarut yang disemprotkan pada obyek sampai menjadi cangkang keras seperti kaca. Umumnya diaplikasikan sebagai finishing atau lapisan pelindung seperti pada bathub.
  2. Enamel porselen/ vitreous
    Walaupun untuk enamel porselen atau enamel vitreous yakni lapisan dalam wujud kaca yang tipis dan dapat menyatu dalam benda logam dengan temperatur yang tinggi. Tujuannya kecuali untuk mempercantik juga untuk memperkuat dan mengurangi terjadinya goresan atau karat. Hal ini lazimnya juga diaplikasikan pada pemanas air energi sang surya.
    Lapisan enamel pada pemanas air energi solar ini diaplikasikan sebab enamel mempunyai ketahanan yang cukup baik kepada temperatur tinggi dan juga bendung lama. Lapisan enamel pada tangki pemanas air surya sesekali diaplikasikan untuk penghambat pelindung pada tangki komponen dalam. Tujuannya ialah untuk menghindari terjadinya kerusakan.
    Oleh sebab itu tak jarang banyak yang menerapkan lapisan ini pada water heater energi sang surya. Dengan adanya lapisan enamel pada tangki pemanas air bertenaga sang surya juga menolong supaya terhindar dari karat.
    Seperti yang Anda kenal dikala air yang keluar dari keran air pemanas Anda berkarat, karenanya kemungkinan terjadi kerusakan ialah pemanas air bertenaga sang surya Anda. Dengan adanya lapisan enamel ini menolong untuk mengurangi terjadinya karat pada solar water heater Anda sehingga air yang diwujudkan lebih bersih.
    Karat yang terjadi pada water heater solar Anda juga dapat menyebabkan kebocoran. Salah satu manfaat dari adanya lapisan enamel pada pemanas air energi solar Anda juga untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kebocoran. Sekiranya kebocoran dapat diminimalkan, karenanya kerusakan lainnya juga tak akan terjadi. Dengan demikian itu pemanas air energi surya Anda juga konsisten awet dan bendung lama. Itulah berita penting yang sepatutnya Anda kenal, semoga berguna.

Sumber: intisolarsurabaya.com