Cara Sevice Pemanas Air Tenaga Matahari

0
6
views
sumber: google.co.id

Membersihkan pemanas air tidak serumit yang dibayangkan. Kemudahan dalam perawatan menjadi salah satu profit dalam pengaplikasian pemanas air kekuatan surya ini. Kecuali itu, pemanas air yang memanfaatkan cahaya sang surya ini juga mempunyai banyak mempunyai keunggulan lain seperti biaya pemasangan terjangkau, sangat hemat kekuatan, perawatan lebih simpel, dan gampang hingga pemakaiannya lebih tahan lama dibandingkan pemanas air kekuatan listrik atau gas.
Metode service pemanas air kekuatan sang surya secara mandiri
Service atau perawatan pemanas air kekuatan sang surya bisa dilaksanakan dengan jenjang pembersihan yang sangat gampang untuk dilaksanakan. Selalu bersihkan pemanas secara terencana membuat pemanas air kekuatan sang surya terhindar dari berbagai kerusakan. Cara distribusi air hangat malahan akan lancar. Berikut ini langkah dalam pembersihan pemanas air kekuatan sang surya:
1. Membersihkan pemanas komponen luar
Pembersihan bisa dijadikan sebagai salah satu metode metode membetuli pemanas air kekuatan surya yang sedang rewel. Lazimnya kondisi kumal pada komponen luarnya membuat pemanasan air menjadi terhambat. Untuk itu, membersihkan pemanas komponen luar sebaiknya dilaksanakan secara terencana . Yang dimaksud dengan komponen luar pemanas air kekuatan surya merupakan panel kolektor yang perlu dibersihkan dari debu maupun kotoran lain. Dengan demikian itu, peresapan panas pada panel kolektor ini bisa terjadi lebih maksimal.
2. Membersihkan pemanas komponen dalam
Kecuali membersihkan komponen luar dari pemanas air kekuatan surya, komponen dalam malahan juga harus dibersihkan secara terencana dengan langkah sebagai berikut:
• Putus konektivitas listrik agar tidak terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh arus listrik ketika melakukan pengurasan.
• Tutuplah stop kran pada inlet.
• Bukalah semua dop pada ketika dilaksanakan pengurasan.
• Tahap keempat, jemurlah panel kolektor dalam bentang waktu 1 hingga 2 jam agar fungsinya bisa berjalan dengan maksimal untuk cara kerja penangkapan panas sang surya dan pemanasan air.
Beberapa kiat agar pemanas air kekuatan surya lebih awet
Metode kerja pemanas air kekuatan surya bisa berjalan dengan lancar dan maksimal jikalau kondisi semua komponennya normal. Terdapat beberapa kiat yang bisa dilaksanakan seperti berikut:
• Menjalankan pemeriksaan safety valve secara terencana
Kiat pertama merupakan dengan melakukan pemeriksaan secara terencana pada safety valve. Safety valve merupakan komponen pengaman tekanan berlebihan yang diaplikasikan pada tangki pemanas air. Komponen ini berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu di sepanjang waktu sehingga tidak terjadi penyumbatan. Cara penyebaran air malahan bisa berjalan dengan lancar.
• Mempertimbangkan kondisi kapur air
Selalu cek tingkat kondisi kapur air pada pemanas air kekuatan surya. Sekiranya tingkat kapur air telah tinggi, segeralah melakukan pengurasan agar tidak muncul kerak pada tangki pemanas air.
• Menjalankan pembersihan secara terencana
Beberapa yang telah diterangkan pada ulasan sebelumnya, lakukan pembersihan pemanas air komponen luar atau dalam secara terencana .
• Memasang anti kontak
Terakhir, jangan lupa untuk memasang anti kontak. Pemasangan komponen ini bertujuan agar pengguna tidak terkena sengatan arus listrik yang berbahaya.
Pembersihan pemanas air kekuatan surya merupakan salah satu metode service pemanas air kekuatan sang surya yang bisa dilaksanakan sendiri dengan gampang. Beberapa langkah yang diterangkan di atas hendaknya dilaksanakan secara berjenjang dan teratur. Dengan demikian itu, pemanas air akan lebih terawat dan lebih tahan lama.

 

Sumber: intisolar.com