Cara Kerja dan Tipe Food Steamer Sebagai Alat Dapur

0
755
views
food steamer
sumber: google.co.id

Sebagai salah satu dari peralatan dapur, cara kerja dan jenis food steamer penting untuk diketahui. Food steamer sendiri dapat menolong Anda untuk memasak dengan lebih pesat melewati manfaat mengukus secara elektrik. Dengan demikian bebauan serta nutrisi dari makanan pun dapat terjaga secara total.
Metode kerja food steamer alat dapur
Metode kerja dari food steamer sesungguhnya tak jauh berbeda dari alat kukus panci atau dandang yang biasanya. Tetapi food steamer dibantu dengan listrik sebagai sumber kekuatan. Makanan yang dimasukkan ke dalam food steamer dimasak dengan uap panas yang berasal dari air mendidih yang ada di wadah air. Wadah ini menyatu dengan tombol timer.
Pada biasanya, steamer ini terdiri dari 2 atau 3 tombol layer dimana seandainya ada makanan yang perlu dikukus dalam waktu lama dapat diletakkan pada layer paling bawah. Sementara itu, Makanan yang butuh waktu sebentar untuk dikukus cukup diletakkan pada layer komponen atas.
3 Variasi food steamer alat dapur
Lazimnya terdapat 3 jenis jenis food steamer terbaik yang sering kali digunakan di dapur dan dapat ditemukan di pasaran, yakni:
1. Basic food steamer: Alat ini lazim digunakan untuk keperluan memasak rumah tangga maupun industri kecil. Kebanyakan food steamer yang tersedia di pasaran terbuat dari bahan metal serta plastik dengan 2 sampai 3 layer untuk mengukus. Lalu sebagian merek food steamer juga dilengkapi dengan fitur bebauan infuser yang berguna untuk menambahkan bebauan tertentu pada makanan tapi tanpa mengubah rasanya.
2. Egg steamer: Dari namanya telah jelas bahwa steamer ini khusus digunakan untuk mengukus telor. Wujud produk egg steamer di pasaran berbeda-beda desainnya, ada yang mirip Teflon dan ada juga yang formatnya seperti rice cooker. 1 kali masak menerapkan egg steamer biasanya hanya dapat menampung sekitar 5 sampai 6 telor. Egg steamer ini juga biasanya ditawarkan bersama dengan Teflon penggoreng sebagai produk 2in1.
3. Baby steamer: Sekiranya diperhatikan secara sekilas memang wujud desainnya tampak mirip seperti rice cooker mini. Tetapi baby steamer sendiri digunakan khusus untuk mengukus makanan bayi. Sebab digunakan untuk makanan bayi karenanya baby steamer telah terjamin bebas dari BPA. Selain itu, biasanya baby steamer hanya dilengkapi dengan 1 layer saja.
Kelebihan menerapkan food steamer ini yakni rasa serta wewangiannya tak akan bercampur berkat adanya layer-layer pada alat steamer. Selain itu, teknologi yang ada dapat mencegah rasa serta bebauan pada makanan agar tak saling bercampur. Tak hanya itu, mengukus dengan food steamer juga menjaga nutrisi pada makanan sebab makanannya hanya dikukus dan tak ada kontak seketika dengan minyak maupun air. Demikian isu seputar cara kerja dan jenis food steamer.