Arah Pemasangan Yang Tepat Pemanas Air Tenaga Surya

0
16
views
sumber: google.co.id

Pemanas air bertenaga solar mempunyai metode kerja yang hampir sama dengan ragam pemanas air lainnya yaitu yang mengaplikasikan daya listrik ataupun gas. Yang membedakan hanyalah sumber daya yang diaplikasikan serta pengerjaan instalasinya. Pemanas listrik dengan energi sang surya diukur jauh lebih aman sebab lokasi peletakkan unitnya tidaklah di dalam ruangan. Pada lazimnya, tenpat yang diaplikasikan untuk meletakkan unit pemanas ini yaitu di atas genting atau di daerah tinggi yang sengaja dipersiapkan.
Kalau pemasangan yang pas pemanas air energi surya
Tak cuma lokasi atau posisi saja yang memberi pengaruh daya kerja pemanas air dengan daya cahaya sang surya. Kalau pemasangannya bahkan juga benar-benar berimbas, berikut ini sebagian tanda arah pemasangan pemanas air energi sang surya:
• Kalau selatan untuk Wilayah di atas garis khatulistiwa
Indonesia yakni salah satu negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa. Eksistensi garis ini benar-benar berimbas pada arah pemasangan pemanas air dengan energi surya. Khusus bagi Wilayah yang berada di atas garis khatulistiwa, pemasangan pemanas air energi sang surya sebaiknya berada di luar ruangan yang tertimpa segera cahaya sang surya dan dihadapkan ke arah selatan. Dan sebaliknya, bagi tempat yang berada di Wilayah bawah garis khatulistiwa, arah pemasangan yang pas yaitu menghadap utara. Untuk memastikan arah pastinya agar hasil pemanasan optimal, pakai alat penunjuk arah sehingga lebih cermat.
• Lakukan pergeseran seandainya tak dapat pas mengarah ke utara atau selatan
Kalau utara dan selatan yakni dua arah terbaik untuk pemasangan pemanas air energi solar. Sepatutnya memang terpaksa tak bisa dihadapkan arah utara atau selatan, jalan satu-satunya yaitu melaksanakan pergeseran. Pergeseran yang dijalankan tak boleh sembarangan. Pakai dengan hitungan yang pas. Pergeseran yang boleh dijalankan yaitu ke timur maupun barat dengan batasan sudut optimal 45 derajat. Perlu diingat, bahwa pergeseran ke arah timur atau barat bisa mengganggu daya kerja pemanas air energi surya menjadi tak optimal.
• Dipasang dengan kemiringan tertentu
Pemasangan pemanas air energi surya yang paling pas yaitu dengan kemiringan tertentu. Kemiringan yang paling pas untuk instalasinya yaitu 10 sampai 20 derajat dengan tumpuhan bidang datar.
• Supaya rangka besi untuk dudukan
Pakai tingkat kemiringan tak gampang berubah, karenanya solar water heater memerlukan rangka besi untuk menopang atau dudukan agar posisi tak berubah. Rangka besi ini patut dijadikan dengan teliti untuk mempertimbangkan tenaganya.
• Supaya arah timur seandainya arah utara atau selatan tak dapat
Sepatutnya terpaksanya pemasangan tak dapat dijalankan ke arah utara atau selatan, arah pemasangan pemanas air teaga surya yaitu timur atau barat. arah utara atau selatan mutu panasnya tak terbatas oleh waktu. Berbeda dengan arah barat dan timur. Pemasangan hadap timur pengaplikasian air panasnya lebih optimal sebelum pukul 14.00. Untuk arah barat, pengaplikasian maksimalnya sesudah pukul 14.00.
Kalau pemasangan pemanas air energi surya benar-benar memberi pengaruh mutu dan lancarnya kucuran air panas bagi penggunanya. Ikuti sebagian tanda mengenai arah pemasangan di atas agar agar pemasangan aman dan bermutu. Semoga berita di atas berkhasiat.

 

Sumber: intisolar.com