Alasan Mengapa Pemanas Air Tenaga Matahari Tidak Panas

0
2
views
sumber: google.co.id

Memiliki pemanas air tenaga matahari kini sudah menjadi lifestyle terutama bagi masyarakat urban. Air panas menjadi kebutuhan utama yang tidak bisa dipisahkan dan terkoneksi sepenuhnya terhadap kesehatan. Saat mandi air hangat tubuh melepaskan hormon baik yang efektif menyingkirkan pikiran negatif, air hangat juga baik untuk penderita rematik. Lantas, bagaimana jika pemanas air Anda tidak bekerja dengan baik?
Alasan mengapa pemanas air tenaga matahari tidak panas
Rasanya menyenangkan ketika pulang di malam hari di cuaca yang dingin lalu menyegarkan tubuh dengan berendam air hangat. Sayangnya kegiatan rutin tersebut tidak bisa Anda lakukan karena pemanas airnya bermasalah. Inilah beberapa penyebab pemanas air tidak mengeluarkan air panas:

  1. Relay putusMempunyai pemanas air tenaga sang surya kini telah menjadi lifestyle secara khusus bagi masyarakat urban. Air panas menjadi kebutuhan utama yang tidak dapat dipisahkan dan terkoneksi sepenuhnya terhadap kesehatan. Saat mandi air hangat tubuh melepaskan hormon baik yang efektif menyingkirkan pikiran negatif, air hangat juga baik untuk penderita rematik. Seketika, bagaimana bila pemanas air Anda tidak berprofesi dengan baik?
    Alasan mengapa pemanas air tenaga sang surya tidak panas
    Rasanya menyenangkan dikala pulang di malam hari di cuaca yang dingin lalu menyegarkan tubuh dengan berendam air hangat. Sayangnya kesibukan rutin tersebut tidak dapat Anda lakukan karena pemanas airnya bermasalah. Inilah beberapa penyebab pemanas air tidak mengeluarkan air panas:
  2. Relay putus
    Saat keseluruhan barang elektronik yang diciptakan tidak dapat dipisahkan dari relay, komponen ini memiliki fungsi yang sungguh-sungguh penting untuk menjaga risiko pengaruh terjadinya relasi arus pendek. Saat arus pendek terjadi, relay otomatis akan memutus aliran listrik sehingga tidak menyebabkan korsleting.
    Menemukan relay di pemanas air tenaga solar tidak begitu sulit biasanya ada di kabel power. Lalu, bagaimana bila relay yang sungguh-sungguh penting tersebut terputus sambungannya? Penyebab utama relay terputus karena lampu indikasi yang mati. Jadi untuk memecahkan dilema ini, perbaiki lampu indikasinya secara khusus dulu.
    Uniknya relay yang terputus ternyata dapat mempengaruhi panas tidaknya air yang dikeluarkan dari solar water. Unsur mau pemanas air berprofesi seperti biasa, langsung atasi dilema ini dengan membawanya ke tukang servis.
  3. Saat panas terputus atau telah usang
    Bicara seputar pemanas air, kita akan menemukan dua instalasi pemanas air yang dikerjakan oleh jasa instalasi yakni instalasi di dinding atau pemanas air yang sengaja dipasang di atas genteng. Pemanas air yang dilekatkan di atas genteng bertujuan untuk mewujudkan air panas natural dari cahaya sang surya. Sementara di malam hari sumber utama yang membantu mengubah air dingin menjadi panas yakni unsur.
    Unsur unsur terputus otomatis air tidak akan berubah menjadi air panas. Silahkan Anda periksa keadaan elemennya dengan metode memberikan arus listrik. Saat yang berubah menjadi panas pasca dialiri listrik tandanya masih dapat berfungsi dengan baik.
    Jika metode lain cukup manfaatkan multitester, unsur yang baik akan menonjolkan pergerakan pada jarum multitester. Sementara unsur yang telah usang tidak menonjolkan pedoman-pedoman pergerakan sama sekali.
  4. Hilangnya fungsi thermostat
    Alasan lain solar water heater tidak memanaskan air karena thermostat yang tidak berprofesi sebagaimana mestinya. Thermostat yakni komponen penting yang mengontrol stabilitas tenaga listrik ke unsur panas. Ajaibnya, thermostat ini memiliki metode kerja yang sungguh-sungguh unik di mana dapat memutus relasi arus listrik dikala air dingin telah berubah menjadi air panas. Unsur fungsional thermostat terganggu otomatis air dingin tidak akan berubah menjadi air hangat atau panas.
    Dan itulah tiga alasan yang menjadi penyebab mengapa pemanas air tenaga sang surya tidak berprofesi secara optimal dalam mewujudkan air panas. diperkenankan terus menerus, otomatis Anda telah harus puas mandi dengan air dingin saja.

Secara keseluruhan barang elektronik yang dibuat tidak bisa dipisahkan dari relay, komponen ini memiliki fungsi yang amat penting untuk menjaga risiko akibat terjadinya hubungan arus pendek. Saat arus pendek terjadi, relay otomatis akan memutus aliran listrik sehingga tidak menyebabkan korsleting.
Menemukan relay di pemanas air tenaga solar tidak begitu sulit biasanya ada di kabel power. Lalu, bagaimana jika relay yang sangat penting tersebut terputus sambungannya? Penyebab utama relay terputus karena lampu indikasi yang mati. Jadi untuk mengatasi masalah ini, perbaiki lampu indikasinya terlebih dahulu.
Uniknya relay yang terputus ternyata bisa mempengaruhi panas tidaknya air yang dikeluarkan dari solar water. Jika ingin pemanas air bekerja seperti biasa, segera atasi masalah ini dengan membawanya ke tukang servis.

  1. Elemen panas terputus atau sudah usang
    Bicara tentang pemanas air, kita akan menemukan dua instalasi pemanas air yang dilakukan oleh jasa instalasi yakni instalasi di dinding atau pemanas air yang sengaja dipasang di atas genteng. Pemanas air yang ditempel di atas genteng bertujuan untuk menghasilkan air panas alami dari sinar matahari. Sementara di malam hari sumber utama yang membantu mengubah air dingin menjadi panas adalah elemen.
    Ketika elemen terputus otomatis air tidak akan berubah menjadi air panas. Silahkan Anda periksa kondisi elemennya dengan cara memberikan arus listrik. Elemen yang berubah menjadi panas pasca dialiri listrik tandanya masih bisa berfungsi dengan baik.
    Alternatif cara lain cukup manfaatkan multitester, elemen yang bagus akan menunjukkan pergerakan pada jarum multitester. Sementara elemen yang sudah usang tidak menunjukkan tanda-tanda pergerakan sama sekali.
  2. Hilangnya fungsi thermostat
    Alasan lain solar water heater tidak memanaskan air karena thermostat yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. Thermostat merupakan komponen penting yang mengatur stabilitas daya listrik ke elemen panas. Ajaibnya, thermostat ini memiliki cara kerja yang sangat unik di mana bisa memutus hubungan arus listrik saat air dingin sudah berubah menjadi air panas. Jika fungsional thermostat terganggu otomatis air dingin tidak akan berubah menjadi air hangat atau panas.
    Dan itulah tiga alasan yang menjadi penyebab mengapa pemanas air tenaga matahari tidak bekerja secara maksimal dalam menghasilkan air panas. Bila dibiarkan terus menerus, otomatis Anda sudah harus puas mandi dengan air dingin saja.

Sumber: intisolar.com