3 Cara Menjaga Kinerja Ducting AC Tetap Bagus

0
226
views
sumber: google.co.id

Pengaplikasian ducting AC tak dapat dihindari ketika Anda menentukan untuk menginstalasi AC central. Ducting biasanya dipasang di zona tersembunyi sehingga tak dapat dideteksi dengan pesat permasalahannya. Ducting yang bermasalah mengurangi efektivitas operasional perlengkapan penyejuk udara serta meningkatkan penerapan kekuatan listrik.

Metode menjaga performa Ducting AC supaya konsisten baik

Situasi yang terjadi pada ducting amat bervariasi. Daya perangkat yang kurang maksimal bisa memberi pengaruh pengerjaan pendinginan udara. Tak cuma membikin udara yang bertiup kurang dingin, permasalahan saluran udara juga memberi pengaruh mutu udaranya.

Kecuali melihat mutu ducting sebelum membeli perangkat hal yang demikian dan menginstalasinya. Inspeksi teknik pemberesan udara yakni hal utama yang semestinya dikerjakan.  Sekiranya pra pemasangannya saja telah keliru, hasilnya ducting yang dipasang tak akan berprofesi secara optimal.

Berikut ini sebagian hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum ataupun sesudah memasang ducting:

1.            Waspada kebocoran udara ducting

Pada pengerjaan instalasinya, ducting dipasang dan disegel sedemikian rupa. Cara instalasi bahkan dikerjakan di bawah pengawasan profesional. Meskipun demikian, bukan berarti kebocoran udara mustahil terjadi. Menghindari keadaan hal yang demikian, pantasnya Anda tempatkan dan install ducting di daerah yang telah dipersiapkan sebelumnya.

Kebocoran udara mengakibatkan pembuangan kekuatan sekalian menghasilkan polutan (udara dekil). Polutan yang wajib tak dihirup dalam bentang pendek atau panjang sebab dapat menyebabkan cara pernafasan terganggu. Kebocoran udara juga mengakibatkan ruangan tak dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

2.            Jaga kebersihan saluran udara

Ducting yang diinstal untuk AC chiller juga semestinya dikembangkan daya kerjanya. Solusi termudahnya dengan menjaga kebersihan saluran udara. Apalagi saluran udara terkoneksi dengan semua ruangan di dalam gedung bangunan. Bukan cuma terhubung dengan satu ruangan saja.

Saluran udara yang dekil tak cuma meninggalkan debu melainkan juga mengakibatkan munculnya jamur. Keadaan dapat kian parah kalau saluran udara yang Anda pakai dijadikan dari fiberglass. Material berpori yang terserang jamur tak dapat dibersihkan tapi semestinya diganti dengan yang baru.

Memperkenankan jamur berkembang biak di dalam ruangan berisiko tinggi mengakibatkan iritasi pada kulit ataupun pernafasan sebab udara yang lembab dan dekil. Sebelum mengeluarkan banyak tarif untuk pengobatan, lakukan perbuatan preventif dengan menjaga ducting.

3.            Dampak desain ventilasi pada performa ducting

Maksimal atau tidaknya performa ducting pada AC water chiller juga dapat diberi pengaruh oleh pemberesan ruangan. Desain ventilasi ducting yang dipasang di gedung perkantoran dan gedung lainnya harus memenuhi standar desain secara nasional ataupun internasional.

Sebagian langkah yang dapat Anda ambil semisal dengan memanfaatkan ERV. ERV adalah cara pertukaran kalor pada ventilasi. ERV memungkinkan terjadinya pembuangan dan penerimaan udara dengan lancar dan maksimal. Menerapkan perangkat ini diukur lebih tepat sasaran untuk memenuhi keperluan pendinginan dalam suatu ruangan.

Demikianlah kabar perihal ducting dan apa saja imbasnya kepada mutu penyejuk udara. Pilih dan install perangkat ducting AC dengan benar supaya berprofesi secara maksimal.

Sumber: acwahana.com