2 Tindakan Tepat untuk Perawatan Pemanas Air Tenaga Surya

0
118
views
sumber: google.co.id

Pemanas air kekuatan surya ialah salah satu teknologi kekinian dari pemanas air umum dengan memanfaatkan sinar sang surya sebagai substitusi tenaganya. Alasan orang beralih dari pemanas air ini merupakan keawetan umurnya yang menempuh 20 tahun dan lebih ramah lingkungan. Tapi sebagian masih salah dalam hal perawatannya sehingga membikin alat pemanas ini pesat rusak. Sebagian sistem untuk merawat pemanas air kekuatan surya yang benar seperti berikut ini.
Sistem merawat pemanas air kekuatan surya

  1. Lakukan Pemantauan Permulaan
    Pemantauan permulaan ini umum dijalankan 1-2 bulan sesudah penggunaan. Pemantauan ini bertujuan untuk mengecek komponen lahiriah permulaan sesudah penerapan. Pada tahap ini umumnya tak ditemukan kerusakan yang parah atau sekadar memerlukan pembersihan sedikit pada tabungnya.
    Yang dapat dijalankan di tahap pemantauan permulaan ini merupakan melihat keutuhan komponen lahiriah pada pemanas air sang surya. Pastikan tak ada yang rusak, berkarat atau bocor. Kemudian bersihkan kotoran atau debu yang mengendap dalam unit. Sesudah itu masuklah ke tahap saluran, ialah saluran penghubung pipa dan tabung penampungan apakah alirannya masih baik atau tak. Lalu periksalah kebocoran dari tiap sudut sisi dan pastikan segala perangkat berprofesi dengan bagus.
    Terakhir perhatikan air vent yang ada pada water heater kekuatan surya sebab komponen ini amat krusial untuk mengeluarkan uap air saat dalam situasi mendidih. Sesudah segala bagian masih bagus-bagus saja berarti pemanas air Anda masih cocok diterapkan untuk sebagian bulan ke depan tanpa penggantian apa malah.
  2. Lakukan Pengamatan Berkelanjutan
    Pada tahap ini ialah kelanjutan dari tahap pemantauan permulaan. Pengamatan ini bertujuan untuk mengecek situasi bagian dalam yang krusial dalam unit. Pada tahap ini umumnya dijalankan sesudah penerapan 6 bulan hingga dengan 1 tahun sesudah penggunaan permulaan. Pengecekan ini berkhasiat untuk memutuskan water heater solar terbaik milik Anda masih dalam situasi cocok gunakan atau memerlukan suatu penggantian bagian di dalamnya.
    Hal pertama yang seharusnya di cek merupakan pipa yang berkhasiat untuk membatasi saluran air, pastikan alirannya masih baik dan tak ada endapan kotoran di sana. Kemudian perhatikan sebagian pipa yang ada di dalam unit dan lakukan pengecekan detil di tiap sudut untuk mencari celah kebocoran yang mungkin terjadi atau kotoran yang menumpuk di sana.
    Lakukan pembersihan mendalam pada unit solar water kekuatan sang surya ini hingga bersih dan mengganti air di dalamnya dengan air bersih. Hal ini diterapkan untuk menghindari korosi atau abrasi pada tabung tampungan air.
    Terakhir lihat dan pastikan fungsi dari check valve, pressure valve, dan one way valve masih berjalan dengan bagus. Bila ada sedikit sendatan lebih bagus melaksanakan servis untuk pemanas kekuatan sang surya Anda atau seketika menggantinya dengan yang baru. Bila semuanya masih normal dan berjalan bagus karenanya pemanas air dapat diterapkan lebih lama lagi.
    Itulah sebagian sistem merawat pemanas air kekuatan surya yang dapat dijalankan oleh Anda supaya pemanas lebih awet dan terjaga.

Sumber: intisolar.com